*Essay*= Apa itu Fashion??


Apa Fashion itu?

Mengutip dari wikipedia.com, arti dari fashion adalah gaya terpopuler pada saat tertentu, khususnya untuk gaya pakaian, sepatu, dan aksesoris. Sedangkan menurut Troxell dan Stone dalam bukunya Fashion Merchandising, fashion diartikan sebagai gaya yang diterima dan digunakan oleh mayoritas anggota sebuah kelompok dalam satu waktu tertentu.
Fashion terus berkembang dan tidak pernah berhenti. Saat datang krisis moneter pun, fashion tetap terus berjalan dan mempengaruhi banyak orang (pakaian apa yang akan kita gunakan dan bagaimana tingkah laku saat mengenakan pakaian tersebut). Contohnya saat seseorang berpenampilan office look, maka seseorang tersebut akan bersikap sebagaimana orang kantoran dan tidak mungkin berperilaku layaknya preman.
Ada sebagian orang mengatakan bahwa ia tidak mengikuti perkembangan fashion, namun tidak dipungkuri bahwa orang tersebut punya gaya tersendiri dalam berpenampilan, entah itu hanya memakai kaos oblong dan jins atau kaos dengan celana pendek, tanpa disadari dia telah mengikuti fashion yang diterima oleh dirinya sendiri.
 Namun ada pula yang menjadi korban mode, beberapa orang ingin mengikuti fashion yang sedang populer, namun  tidak memperhatikan apakah fashion tersebut cocok atau pantas dikenakan, sehingga penampilannya jadi terlihat aneh dan tidak menarik.
Seiring dengan perkembangan budaya dunia fashion pun juga mengalami perubahan. Dulu mayoritas perempuan Indonesia memakai kain panjang dan kebaya sebagai pakaian sehari-hari,  namun kini kebaya hanya dikenakan pada acara-acara resmi seperti pernikahan atau acara resmi lainnya. Dulu perempuan kebanyakan  harus pakai rok, tapi sekarang tidak sedikit yang pakai celana panjang.
Fashion memang tidak pernah mati dan akan terus berkembang. Fashion ada di setiap aspek dari musik, seni, dan arsitektur. Orang tidak akan pernah bosan oleh fashion tapi justru akan terus mencari dan menemukan fashion-fashion baru yang menjadikan dunia lebih berwarna dan meriah.

0 komentar:

Posting Komentar

  © NOME DO SEU BLOG

Design by Emporium Digital