Essay : Siapa Aku? Who am I?

Pertanyaan siapa aku sebenarnya adalah sebuah sebuah kalimat tanya yang sangat sederhana dengan hanya memiliki 3 unsur kata saja. Tapi, kalimat tanya ini dapat membuat si penjawab merasa kesulitan untuk menjawabnya. Apa yang sulit?. Bila kita dapat meresapi dengan benar arti dari kata-kata tersebut, kita dapat menemukan sebuah jawaban yang cukup rumit. Kalimat tanya ini bukan hanya sekedar menanyakan nama atau identitas seseorang sebagai warga atau sebagai anak dari sebuah keluarga. Kita perlu melihat jauh lebih dalam lagi ke diri kita sendiri. Mengenal siapa diri kita sendiri.
Untuk menjawab pertanyaan yang terlihat sederhana itu, Aku mencoba mengenali diri dan mendeskripsikannya.
Aku adalah seorang anak perempuan dari seorang ayah yang bijaksana dan seorang ibu yang baik hati. Aku adalah seorang kakak yang mempunyai satu adik perempuan yang ceria dan bersemangat. Aku adalah seorang mahasiswi di salah satu institut teknologi terkemuka di negaraku. Aku adalah seorang warga dari salah satu negara di dunia ini. Aku adalah seseorang yang suka berkreasi dan berinovasi. Aku suka mencoba hal-hal baru tapi cepat sekali merasa bosan. Aku orang yang selalu ingin hal yang terbaik di setiap pekerjaan yang aku lakukan. Aku bertanggung jawab atas semua hal yang aku kerjakan. Aku sangat tidak suka menunggu tapi sayangnya aku sendiri kurang dapat disiplin dengan waktu. Aku suka mengerjakan banyak hal dan menjadi dominan. Aku suka hal yang sempurna tanpa cela dan keteraturan. Aku benci hal yang membingungkan dan tidak dapat dijelaskan. Aku orang yang tegas dan keras. Aku orang yang kurang peka dan egois. Aku adalah orang yang dapat dipercaya dan dapat diberi tanggung jawab. Aku suka hal yang dinamis dan tidak membosankan. Aku adalah orang yang mempunyai segudang mimpi yang ingin diraih. Dan aku mempunyai daftar untuk itu. Salah satu obsesi terbesarku adalah menjadi seorang duta besar Indonesia di negara asing. Oleh karena itu, aku sangat terbuka kepada pengetahuan bahasa asing dan budaya asing. Aku tidak hanya berharap orang tuaku bangga tapi juga negarku bangga terhadapku. Politik dan sosial budaya sangat menarik perhatianku. Meskipun aku mempelajari secara langsung kedua bidang tersebut, tapi aku selalu berusaha untuk tidak tertinggal. Aku adalah orang yang sangat ingin merubah anggapan politik kotor di negaraku menjadi politik yang bersih dan sehat. Hambatan terbesarku adalah rasa bosan. Rasa bosan ini membuatku merasa malas dan tidak menyukai pekerjaan yang kulakukan. Aku kurang dapat mempercayai orang sehingga sebagian besar pekerjaan kulakukan sendiri yang akhirnya membuatku stress. Aku sangat peka terhadap kritik dan pujian. Aku adalah aku.
Akan lebih banyak lagi jawaban untuk pertanyaan siapa aku?. Tidak akan cukup hanya dengan satu lembar untuk menjawabnya. Tapi, hal yang menurutku paling penting disini adalah tidak penting apa anggapan orang terhadapmu selama kamu dapat mengenal siapa dirimu karena sejatinya manusia tidak pernah memikirkan orang lain selain dirinya sendiri. Sekarang, Siapa kamu?


6 komentar:

mitsuki 22 Desember 2011 pukul 10.25  

aku mitsuki, perkenalkan!

Galaxy Maharga111 22 Desember 2011 pukul 14.49  

la kok tambah jadi ajang memperkenalkan diri?

Septi Z 9 Januari 2012 pukul 01.19  

yg penting tetaplah menjadi dirimu sendiri....

Oniq 27 Februari 2018 pukul 23.27  

kenapa kepribadianmu sama kek aku ya? :D salam kenal

Posting Komentar

  © NOME DO SEU BLOG

Design by Emporium Digital